Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa daun tumbuhan berwarna hijau?

Mengapa daun tumbuhan berwarna hijau? Daun tumbuhan berwarna hijau sebab mengandung klorofil atau zat hijau daun. Klorofil terletak pada bagian daun yang disebut kloroplas. Di dalam kloroplas inilah tumbuhan membuat makanannya sendiri dibantu cahaya matahari.

Fotosintesis 


Mengapa kita merasa sejuk jika berada di bawah pohon rindang di siang hari? Pada siang hari, tumbuhan melakukan fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Oksigen dikeluarkan oleh tumbuhan hijau melalui pori-porinya yaitu mulut daun dan lentisel. Mulut daun atau stomata merupakan lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun bagian bawah. Sedangkan lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat pada batang.


Bahan-Bahan Fotosintesis 

Untuk melakukan fotosintesis, tumbuhan memerlukan air dan karbon dioksida. Air tersebut diangkut oleh pembuluh kayu atau xilem hingga ke ranting dan daun-daun. Sedangkan gas karbon dioksida diambil dari udara melalui mulut daun atau stomata dan pori-pori batang atau lentisel.

Air dan garam mineral serta gas karbon dioksida dapat diolah menjadi makanan atau karbohidrat melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis terjadi di daun yang banyak mengandung klorofil atau zat hijau daun. Klorofil terletak pada bagian daun yang disebut kloroplas. Cahaya matahari yang mengenai daun diserap oleh klorofil untuk mengubah air dan garam mineral serta gas karbon dioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. 

Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.


Reaksi fotosintesis

Hasil Fotosintesis 

Hasil fotosintesis berupa karbohidrat (zat tepung) dan oksigen. Karbohidrat hasil fotosintesis digunakan untuk: 1) pertumbuhan, 2) perkembangbiakan, 3) pernapasan sel, 4) gerak tumbuhan, 5) sisanya disimpan sebagai cadangan makanan menjadi zat gula, Sedangkan oksigen hasil fotosintesis dikeluarkan ke udara bebas. Dengan demikian, kandungan oksigen di udara menjadi lebih banyak sehingga udara terasa lebih segar. 

Cara tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan 

Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen. Oksigen langsung dilepas ke udara bebas. Sedangkan karbohidrat digunakan untuk tumbuh dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan, di antaranya pada:


Umbi 
Umbi adalah bagian tanaman yang menggembung dan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi ada beberapa macam, di antaranya: - Umbi batang, contohnya: kentang, kimpul, talas, dan ubi jalar. - Umbi lapis, contohnya: bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan bunga bakung. - Umbi akar, contohnya: ketela pohon, wortel, dan lobak.


Batang 
Batang tumbuhan ada yang mengandung cadangan makanan dan dapat dimanfaatkan manusia. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, di antaranya sagu dan tebu.


Daun 
Daun biasanya digunakan manusia untuk sayuran. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada daun, di antaranya bayam, kangkung, sawi, kol, selada, daun seledri, dan kucai.


Biji 
Biji merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, di antarnya padi, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, jagung, jambu mete, dan kacang merah.

Buah 
Buah merupakan bagian tumbuhan yang enak dimakan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, di antaranya mangga, apel, belimbing, durian, melon, semangka, jambu, anggur, duku, avokad, dan rambutan.







Post a Comment for "Mengapa daun tumbuhan berwarna hijau?"