Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organ Peredaran Darah Pada Manusia - Pembahasan Lengkap

Apa sajakah alat peredaran darah manusia? Alat peredaran darah manusia meliputi jantung dan pembuluh darah. Tahukah kamu bagaimana cara jantung dan pembuluh darah mengatur aliran darah dalam tubuh?


Organ Peredaran Darah Pada Manusia

Jantung 

Pusat kendali peredaran darah adalah jantung. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung manusia sebesar kepalan tangan kita masing-masing. Tahukah kamu cara kerja jantung? Jantung bekerja memompa darah secara terus-menerus. Jika jantung kita berhenti bekerja, maka kita akan mati. 


Cara kerja jantung adalah sebagai berikut. 


a. Jika kedua serambi jantung mengembang, maka darah dari pembuluh balik akan masuk ke serambi. 

b. Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka darah dari serambi masuk ke bilik. 

c. Jika kedua bilik menguncup, maka darah keluar dari bilik (jantung) menuju ke pembuluh aorta. Selama bekerja, dinding otot jantung mengembang dan mengempis.

Pembuluh Darah


Pembuluh darah berfungsi mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Pembuluh darah dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut. a. Pembuluh nadi atau arteri, yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah keluar dari jantung, berisi darah bersih kaya akan oksigen. Pembuluh nadi terbesar disebut aorta.

Peredaran Darah


Peredaran darah terbagi dalam dua sistem, yaitu sebagai berikut. a. Peredaran darah kecil (peredaran paru-paru) adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru, lalu kembali ke jantung. b. Peredaran darah besar (peredaran sistemik) adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, lalu kembali lagi ke jantung.

Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia


Agar kamu dapat hidup sehat, alat-alat peredaran darah harus kamu jaga supaya tidak terkena penyakit. Beberapa penyakit yang memengaruhi alat peredaran darah manusia di antaranya sebagai berikut.

Jantung koroner
Jantung koroner adalah gangguan jantung, karena adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung misalnya oleh lemak.

Anemia (Kekurangan Darah)

Gejala anemia mudah dikenali, di antaranya tubuh merasa lemah dan cepat lelah. Kadang anggota tubuh mengalami kesemutan dan jantung berdebar-debar. Penyebab penyakit ini antara lain: a. pendarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian dalam atau luar tubuh, b. kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi


Leukemia


Penyakit ini terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak. Akibatnya keseimbangan komposisi darah terganggu.

Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 

Penyakit hipertensi ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah jika diukur dengan alat pengukur tekanan darah (tensimeter). Penyakit ini dapat mengakibatkan timbulnya penyakit lain seperti penyakit jantung, pembuluh darah otak, dan ginjal. 





Post a Comment for "Organ Peredaran Darah Pada Manusia - Pembahasan Lengkap"