Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan Serta Kesehatan - Materi Kelas V SD

Bagaimanakah caranya agar makanan yang kamu makan dapat menghasilkan energi? Makanan yang kamu makan harus dicerna melalui alat pencernaan, agar dapat menghasilkan energi untuk aktivitasmu sehari-hari. Secara berurutan alat pencernaan manusia meliputi mulut → kerongkongan → lambung → usus halus → usus besar → anus.

Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan Serta Kesehatan - Materi Kelas V SD

Susunan Alat Pencernaan 


Mulut 

Mulut merupakan tempat berawalnya sistem pencernaan manusia. Di dalam rongga mulut, makanan mengalami pencernaan secara mekanik (dibantu oleh gigi) dan secara kimiawi (dibantu air liur atau ludah atau saliva). Air liur ini membasahi makanan sehingga lebih lembut dan mudah ditelan. Di dalam air liur terdapat enzim yang disebut ptialin. Enzim ptialin berfungsi mengubah karbohidrat atau zat tepung menjadi zat gula.


Kerongkongan 

Di dalam kerongkongan terdapat otot-otot yang akan menekan makanan terdorong ke lambung. Gerakan otot kerongkongan meremas, memijit, dan mendorong makanan ke dalam lambung dinamakan gerak peristaltik. Setelah melewati kerongkongan, makanan akan masuk ke dalam lambung.


Lambung


Lambung menghasilkan asam klorida, renin, dan pepsin yang berfungsi menguraikan protein. Di dalam lambung terjadi pencernaan secara kimiawi (dibantu oleh enzim). Asam klorida berfungsi menghancurkan kuman yang berbahaya serta membantu otot lambung dalam melarutkan makanan menjadi setengah cair, mirip dengan bubur makanan (chime). Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton, serta enzim renin berfungsi mengubah susu menjadi kasein. Setelah melalui lambung, makanan akan masuk menuju usus 12 jari.


Usus halus

Usus halus terdiri atas 3 bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Di dalam usus halus, makanan dicerna dengan bantuan enzim dari hati, kantong empedu, dan pankreas. Hati berfungsi mematikan racun yang masuk bersama makanan. Empedu berfungsi mencerna lemak dalam usus, sedangkan pankreas menghasilkan enzim amilase, lipase, dan tripsin yang dapat berfungsi mempercepat hancurnya makanan. Usus halus sendiri berfungsi menyerap sari-sari makanan yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Sisa penyerapan yakni limbah, disalurkan menuju usus besar.


Usus besar 

Usus besar berfungsi mengatur kadar air dalam feses  atau sisa makanan, melepas garam-garam yang berlebihan di dalam darah, dan menyimpan sementara sisa makanan sebelum dikeluarkan melalui dubur atau anus. Alat pencernaan mana yang bermasalah ketika kita mengalami diare? Mari lakukan kegiatan ini agar kamu semakin memahami fungsi alat pencernaan!

Penyakit yang Menyerang Alat Pencernaan Manusia 

Kebiasaan hidup yang tidak sehat akan menimbulkan banyak penyakit seperti berikut ini. 

  • Gigi berlubang karena malas menggosok gigi. 
  • Sariawan karena kekurangan Vitamin C. 
  • Tifus karena usus kita diserang bakteri yang terdapat pada makanan atau minuman. 
  • Mag (radang lambung) karena kelebihan asam dalam lambung. 
  • Diare (menceret) karena usus besar terinfeksi bakteri. 
  • Keracunan makanan karena bakteri dalam makanan menyerang ketahanan tubuhmu.

 Makanan dan Kesehatan


Pernahkah terpikirkan olehmu apakah hubungan antara makanan dan kesehatan? Tubuhmu senantiasa memerlukan makanan bergizi agar kamu tetap sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Jika kamu kurang makan maka tubuh akan menjadi kurus, lemas, dan tidak bertenaga. Apakah yang akan terjadi apabila kita tidak makan dalam waktu yang cukup lama? Tentu saja kamu akan mati kelaparan, bukan? Marilah senantiasa makan


makanan bergizi agar tetap sehat. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. 

Menu makanan bergizi seimbang terdapat dalam makanan empat sehat, yaitu: a. Makanan pokok (beras, jagung, sagu, kentang, gandum, dan lain-lain). b. Lauk-pauk (ikan, daging, telur, tempe, dan lain-lain). c. Sayuran (bayam, kangkung, kol, kacang panjang, dan lain-lain). d. Buah-buahan (pepaya, mangga, jeruk, pisang, dan lain-lain).


Sedangkan makanan empat sehat lima sempurna adalah makanan yang bergizi seimbang dan ditambah minum susu.





Post a Comment for "Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan Serta Kesehatan - Materi Kelas V SD"